Pengenalan Alat Senam Angkat Besi dan Fungsinya

Posted on




Alat Senam Angkat Besi, JenisAlat.Com – Ketika anda memasuki sebuah tempat gym, pasti akan bingung melihat banyak sekali alat olahraga.

Banyak pemula yang takut untuk mencoba memakai alat angkat beban. Lebih banyak memakai alat yang mudah. Olahraga ini terlihat mudah dilakukan.

Apalagi alat senam angkat besi bentuknya cukup simple. Tapi ternyata angkat besi, membutuhkan teknik yang sulit.

Anda harus bisa mengangkat beban dalam jumlah tertentu dan jangan sampai terkena cidera.

Manfaat Senam Angkat Besi

Walaupun anda hanya perlu mengangkat beban, olahraga ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Manfaat yang paling utama adalah untuk membuat tulang semakin kuat.

Latihan angkat beban dengan benar, akan membuat masaa otot bertambah dan semakin kuat. Terutama dibagian tangan dan kaki.

Tak hanya itu saja, angkat besi juga bisa membantu membakar lemak pada tubuh anda.

Semua lemak didalam tubuh, akan dibakar menjadi energi dan membuat tubuh lebih sehat. Berat badan bertambah. Tapi bukan karena lemak, tapi karena berat otot.

Jadi massa tubuh anda akan lebih berbobot dengan otot dibandingkan lemak.

Manfaat lain yang bisa didapatkan, antara lain membuat kardiovaskuler semakin kuat. Ini akan memuat anda terhindar dari penyakit jantung.

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan, jika melatih angkat beban secara rutin setiap harinya. Tubuh semakin sehat dan fit. Tentunya otot semakin kuat.

Untuk pemain pemula harus memulai latihan sedikit demi sedikit. Jangan langsung memakai beban yang berat. Supaya tidak terjadi cidera.

Cara Memulai Latihan Angkat Besi

Untuk memulai latihan angkat beban, tidak hanya memikirkan tentang cara menggunakan alat senam angkat besi. Tapi anda harus tahu latihan yang tepat dan tidak akan membuat diri anda cidera.

Mulailah dengan latihan sedikit demi sedikit. Setiap satu minggu, cukup latihan tiga kali saja. Misalnya latihan pada hari senin, rabu dan jumat saja.

Untuk hari lainnya digunakan untuk istirahat otot-otot anda. Dengan begitu akan mengurangi terjadinya cidera.

Untuk program latihannya, juga harus disesuaikan dengan tujuan anda berlatih angkat besi.

Misalnya untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang fit. Anda bisa berlatih dengan memadukan cardi dan latihan angkat besi.

Ada push up atau chest pree 4 set dengan 12 repitasi, bodyweight squat atau goble squat 4 set dengan 12 repitasi, dan chest suppoerted rows 4 set dengan 12 repitasi.

Untuk bebannya, juga dimulai dari yang kecil terlebih dahulu. Nanti bisa ditambah sedikit demi sedikit, sesuai dengan kemampuan anda dalam mengangkat beban besinya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Di Angkat Besi

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, sebelum melakukan angkat besi. Ini bisa meminimalisir terjadinya cidera latihan. Siapkan semua alat yang dibutuhkan, pastikan membawa handuk, memakai pakaian yang nyaman dan tangan jangan basah.

Gunakan tepung, untuk membuat tangan tidak licin. Atur ulang semua berat beban barbel sesuai dengan kebutuhan anda.

Apalagi jika alat tersebut baru saja digunakan orang lain. Pasti bebannya berbeda dengan beban yang biasa anda gunakan.

Berikan waktu untuk beristirahat beberapa menit. Akan lebih baik untuk memakai instrukstur, supaya hasilnya lebih maksimal.

Jadi pada saat memilih beban. Harus dilakukan secara bertahap. Untuk pemula mulailah dengan beban yang kecil. Kemudian tambah sedikit demi sedikit. Jangan bertahan hanya di satu beban saja. Nanti tidak akan ada perkembangan pada otot anda.

Jika anda ingin massa otot semakin bertambah dan berkembang, lakukan tambahan latihan dan beban. Misal dimulai dari 10 repetisi. Lalu tambah menjadi 15,20 dan seterusnya.

Sampai anda sudah mulai terbiasa dan mengangkat beban yang lebih berat. Jangan pernah lakukan gerakan terlalu cepat. Ini akan membuat otot trauma dan cidera.

Angkat beban sedikit demi sedikit. Gerakan kaki, tangan dan bahu juga harus sesuai. Sehingga anda bisa mengangkat beban dengan baik.

Sebelum melakukan latihan, jangan melakukan pemanasan terlalu lama. Cukup lari-lari kecil saja. Sehingga tubuh sudah cukup panas.

Jika melakukan peregangan yang terlalu banyak. Malah akan membuat otot cidera. Selain itu jangan, tidur secara berlebihan sebelum latihan.

Cukup tidur selama 20 menitan saja. Karena kalau terlalu lama, akan membuat tubuh anda terlalu lemas.

Untuk latihan cardionya, dilakukan sesudah latihan angkat besi. Kalau anda melakukan latihan cardio terlebih dahulu, akan membuat tenaga anda habis.

Apalagi kondisi mood anda sedang tidak baik. Misalnya sedang stress, lebih baik jangan latihan terlebih dahulu.

Ketika anda stress, tubuh mengeluarkan hormon kartisol yang akan membuat proses pembentukan lemak terganggu dan akan membuat fokus terganggu.

Jangan mengkonsumsi suplemen terlalu berlebihan. Cukup konsumsi suplemen sesuai aturan dan sesuai kebutuhan tubuh. Jika terlalu tinggi, akan membuat denyut jantung berdetak kencang dan mempengaruhi kondisi tubuh anda.

Jenis-Jenis Alat Senam Angkat Besi

Beberapa alat yang akan Anda temui dalam olahraga angkat besi yaitu:

1. Barbell

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - BarbellUntuk ukuran barbell umumnya memiliki panjang 1 – 2 meter panjang pegangan dan memiliki bobot yang bervariasi pula. Untuk oloimpiade umumnya memiliki bobot min 20kg.

Kegunaan Barbell sendiri sangat banyak diantaranya; melatih otot dada atau bench press, otot kaki atau squat, otot bahu atau shoulder press juga otot punggung.

2. Dumbbell

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - DumbbellBisa dikatakan dumbbell adalah barbell pendek. Panjang pegangannya hanya sekitar 10 hingga 15 inci saja. Karena ukurannya, biasanya alat angkat besi/beban yang satu ini cukup fleksibel untuk dimiliki.

Manfaat dari dumbbell sendiri adalah untuk melatih beberapa otot, seperti; Otot bahu, otot dada, otot kaki serta otot punggung.

3. EZ Curl Bar

Alat angkat beban yang satu ini sengaja didesain untuk keperluan pelatihan otot lengan. Tricep dan Bicep.

Ez Curl Bar memiliki sudut-sudut untuk meletakkan tangan, tidak seperti barbell yang lurus. Dan juga ukuran pegangannya lebih pendek.

4. Tricep bar

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Tricep Bar
5. Bench

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Fitness Bench
6. Preacher bench

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Preacher Bench
7. Arm blaster

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Arm Blaster
8. Weight plates

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Weight Plates
9. Kettlebells

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Weight Plates
10. Weighted bars

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Weighted Bars
11. Fitnes bench

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Bench
12. Barbell Machine

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Barbell Machine
13. Shoulder press machine

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Shoulder Press Machine
14. Bicep curl machine

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Bicep Curl Machine
15. Tricep Machine

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Tricep Machine
16. Lat Pulldown Machine

Gambar Foto Alat Senam Angkat Besi - Lat Pulldown Machine

Baca juga:

Alat Senam Angkat Besi – Kesimpulan

Latihan angkat besi memang mudah, anda hanya perlu memakai alat senam angkat besi dan mengangkatnya ke atas. Tapi sebenarnya latihan ini cukup sulit.

Karena anda butuh kekuatan pada tangan dan kaki yang kuat. Jadi jangan sampai latihan yang salah dan membuat cidera.


Bagikan Informasi Ini




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *