Alat Ukur Senam Lantai Dan Gerakannya

Posted on




Alat Ukur Senam Lantai, JenisAlat.Com – Pasti anda sudah tidak asing dengan istilah senam lantai. Cabang olahraga ini, sudah sangat popular dan ada di semua perlombaan olahraga.

Seperti namanya olahraga ini memakai alas lantai untuk semua gerakannya. Hanya butuh lantai berukuran 12 x 12, matras serta alat pendukung lainnya.

Gerakan senam lantai memang cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu harus latihan terus menerus, sehingga bisa melakukan gerakan dengan benar dan memakai alat ukur senam lantainya dengan tepat.

Sebelum latihan pun, anda harus melakukan pemanasan. Sehingga tidak mudah terjadi cidera.

Manfaat Senam Lantai

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya anda tahu apa saja manfaat dari senam lantai itu sendiri. Setiap cabang olahraga pasti memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Apalagi dilakukan dengan benar dan tepat. Untuk senam lantai ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Manfaat yang paling utama tentunya membuat tubuh semakin sehat dan bugar.

Banyak gerakan senam yang memakai seluruh anggota tubuh. Sehingga semua tubuh bergerak dan membuat anda lebih sehat bugar.

Manfaat lain membuat bentuk tubuh terlihat lebih proposional. Otot-otot semakin kuat dan kencang. Jika anda ingin memiliki postur tubuh yang bagus, senam lantai menjadi pilihan yang tepat,

Bahkan dengan melakukan senam lantai terus menerus. Akan membuat berat badan anda turun. Kalori yang terbakar hampir sama dengan anda melakukan olahraga lari.

Tubuh semakin lentur, tinggi badan bertambah, tulang semakin kuat, menghilangkan semua racun didalam tubuh dan masih banyak lainnya.

Latihan senam lantai secara rutin, akan memberikan manfaat yang banyak sekali buat tubuh. Tapi ingat semua gerakan harus dilakukan dengan benar. Sehingga semua manfaat diatas, akan mudah didapatkan.

Alat Bantu Untuk Latihan Senam Lantai

Sebenarnya senam lantai, tidak butuh alat yang terlalu banyak. Alat ukur senam lantai sangat simple. Alat yang paling utama tentunya matras dan lantai.

Karena hampir semua gerakan senam lantai dilakukan di lantai. Bahkan ada banyak gerakan yang tidak butuh alat sama sekali. Jadi hanya butuh tubuh anda saja.

Alat lain yang bisa digunakan adalah peti lompat. Peti lompat ini berbentuk seperti sebuah peti. Dibuat dari kayu dan tingginya sekitar 25 cm.

Pada bagian atas terdapat lapisan yang empuk. Memiliki panjang sekitar 100 cm. Digunakan untuk lompat jauh.

Atlet senam lantai, hanya perlu melompati peti lompat tersebut sampai ke bagian yang lain. Alat ini hampir sama dengan alat kuda lompat. Alat ini bentuknya mirip dengan punggung kuda.

Untuk ukuran pria dan wanita memiliki perbedaan. Untuk pria lebih tinggi. Sekitar 136 cm sedangkan wanita hanya 12o cm saja. Ada banyak gerakan senam yang bisa dipakai dengan alat ini, tergantung dengan kemampuan anda.

Memang tidak begitu banyak alat yang digunakan. Hanya butuh sedikit alat saja, karena senam lantai hanya memerlukan lantai untuk melakukan berbagai macam gerakan.

Gerakan Di Senam Lantai

Berikut ini beberapa gerakan yang sering dilakukan dalam senam lantai. Semua gerakan dasar yang sering dilatih di setiap sekolahan. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

     Forward Roll ( Guling Depan)

Gerakan ini lebih dikenal dengan roll depan. Posisi awal anda berdiri tegak dengan pandangan lurus ke depan. Kemudian bungkungkan badan dan letakkan telapak tangan di matras. Tekuk siku ke samping.

Lalu gulingkan badan anda ke depan sampai ke dalam posisi jongkok lagi.

     Backward Roll ( Guling Belakang)

Selain ada roll depan ada roll belakang. Gerakannya hampir sama dengan roll depan. Tapi posisi awalnya menghadap ke belakang. Jadi anda harus berputar ke belakang.

Bagian punggung belakang, yang akan menyentuh lantai terlebih dahulu. Gunakan tangan anda, untuk bisa berdiri di posisi yang semula.

Pastikan tangan jangan terlalu dekat dengan bagian belakang anda, sehingga tidak akan membuat jatuh atau tergilir

     Lompat Jongkok

Lompat jongkok ini memakai alat bantu papan lompat. Mulailah dengan posisi berdiri, kemudian lari kecil dan lompatlah ke bagian papan lompat.

Badan harus condong ke depan dan lakukan sekuat mungkin. Sehingga anda bisa melompat dengan baik. Untuk tinggi papan lompatnya disesuaikan dengan kemampuan.

     Lompat Kangkang

Untuk lompat kangkang ini anda membutuhkan alat kuda lompat. Anda harus melompati kuda lompat tersebut dalam posisi mengangkang dan diakhiri dengan posisi berdiri.

Karena bentuk kuda lompat yang lebar, membuat anda harus ngangkang ketika melompatinya.

Perlu Tahu dan Baca juga:

Alat ukur senam lantai – Kesimpulan

Masih banyak gerakan lain yang bisa anda lakukan. Ada sikap kayang, lompat harimau, sikap lilin, handstand, dan masih banyak lainnya.

Untuk pemula akan melakukan gerakan yang mudah terlebih dahulu. Lalu dimulai dengan gerakan lain yang lebih sulit. Selain itu akan dimulai dengan gerakan yang tanpa alat.

Baru latihan dengan alat ukur senam lantai. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


rujukan: gurupenjaskes

 

Bagikan Informasi Ini




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *