Manfaat Dan Kegunaan Alat Untuk Latihan Senam Lantai

Posted on




Alat Untuk Latihan Senam Lantai, JenisAlat.Com – Senam merupakan cabang olahraga yang tidak membutuhkan alat khusus. Jenis senam memang banyak sekali. Ada senam aerobik, senam lantai dan lainnya.

Setiap jenis senam memiliki manfaat masing-masing. Salah satu jenis senam yang popular adalah senam lantai. Senam ini tidak butuh alat yang rumit dan mudah dilakukan.

Banyak olimpiade olahraga yang melombakan senam lantai ini. Alat untuk latihan senam lantai yang paling utama hanya lantai dan matras.

Yang lainnya sebagai alat pendukung saja. Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas semua tentang senam lantai.

Sejarah Senam Lantai Di Indonesia

Mungkin tidak ada yang tahu seperti apa sejarah dari senam lantai di indonesia. Senam pertama kali dikenalkan pada zaman yunani kuno. Lebih dikenal dengan istilah gymnastic yang artinya telanjang.

Tempat yang digunakan untuk berlatih senam bernama gymnasium. Dulu senam hanya digunakan pada upacara kepercayaan terhadap dewa zeus saja.

Lalu sekitar abad ke 20, senam mulai dikenalkan di sekolah sebagai pelajaran utama. Bapak senam dunia adalah frederik jahn. Sejak sata itu banyak ditemukan gerakan senam baru.

Seperti kuda melintang, palang sejajar, palang horizontal dan lainnya.

Olahraga senam lantai pertama kali masuk ke indonesia sejak zaman penjajahan jepang. Para tentara jepang yang mengenalkan olahraga tersebut ke indonesia.

Pertama kali dilaksanakan pada acara games the new amarging force pada tahun 1963. Sejak saat itu dibuatlah organisasi persatuan senam indonesia (PERSANI).

Sekarang senam lantai di indonesia, sudah menjadi cabang olahraga yang banyak dilombakan di berbagai olimpiade.

Bahkan timnas indonesia, sudah ada beberapa yang berhasil meraih mendali emas.

Pengertian Senam Lantai

Sebelum membahas lebih lanjut tentang alat untuk latihan senam lantai. Mungkin anda harus memahami pengertian senam lantai lebih dalam lagi.

Senam merupakan cabang olahraga yang lebih banyak melibatkan gerakan fisik. Senam dipadukan antara kecepatan, keserasian dan kekuatan dari semua anggota tubuh membuat sebuah gerakan yang indah.

Ada tiga ciri senam yang harus anda perhatikan. Semua gerakan senam dibuat dengan sengaja untuk tujuan tertentu. Semua gerakan senam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan semua gerakan tersusun secara sistematis.

Untuk senam lantai sendiri, semua gerakannya dilakukan di lantai dengan memakai matras. Ukuran lantainya sekitar 12×12 meter.

Adanya matras digunakan untuk menjaga keamanan pesenam supaya tidak mudah cidera. Ada banyak sekali teknik senam lantai yang bisa digunakan.

Ada berputar, melompat, menggulong, menjaga keseimbangan dan lainnya. Ada yang gerakannya berat, sedang, ringan, akrobatik dan lainnya.

Semakin profesional seorang pesenam akan semakin sulit gerakan yang dilakukan.

Manfaat Senam Lantai

Manfaat senam lantai tentunya banyak sekali. Tidak hanya untuk fisik tetapi juga mental anda. Senam lantai akan membuat fisik anda semakin sehat.

Beberapa gerakan senam membuat bentuk tubuh lebih proposional dan bagus. Bahkan anda bisa menurunkan berat badan hanya dengan melakukan senam secara rutin.

Untuk mental, senam akan membuat pikirian lebih tenang dan positif. Sehingga anda akan merasakan hal yang lebih bahagia.

Memang ada banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan jika melakukan senam secara rutin setiap harinya.

Alat Untuk Latihan Senam Lantai

Gerakan di senam lantai memang sangat banyak sekali. Ada squat rool, back summer vault, flik flak. Hand stand overslag, rol depan, roll belakang, sikap lilin dan masih banyak lainnya.

Semua gerakan tersebut dilakukan di lantai. Anda hanya butuh alat matra saja. Ada beberapa gerakan yang membutuhkan kuda loncat atau kuda tumpuan. Itu pun tidak terlalu banyak.

Karena hampir semua gerakan senam hanya memakai lantai saja. Senam termasuk olahraga yang murah meriah. Karena tidak butuh alat yang sulit dan mahal. ( seperti apa alatnya bisa dilihat di: alat senam lantai )

Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Bahkan diatas tempat tidur pun anda bisa melakukan senam lantai. Jika di olimpiade, tak hanya dinilai dari gerakan yang dilakukan saja tetapi juga keindahan dari setiap gerakan tersebut.

Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan senam lantai. Untuk pemula bisa melakukan latihan yang mudah dan gerakan yang singkat.

Nanti anda bisa berlatih gerakan yang lebih sulit dan rumit. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum senam lantai. Sehingga tidak akan terjadi cidera.

Tak perlu pemanasan yang terlalu keras. Cukup peragangan ringan, supaya otot tidak kaku. Kalau anda melakukan pemanasan yang terlalu keras.

Akan membuat energi terbuang dan otot terlalu kaku. Jadi lakukan dengan sebaik mungkin. Membeli alat untuk latihan senam lantai, bisa di toko alat olahraga.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Bagikan Informasi Ini




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *