Adakah Alat Untuk Senam Aerobik?

Posted on




Alat Untuk Senam Aerobik, JenisAlat.Com – Mungkin anda sudah tidak asing dengan yang namanya senam aerobik. Atau mungkin anda salah satu orang yang sering melakukannya. Ada banyak sekali olahraga yang tidak butuh biaya mahal.

Salah satunya adalah olahraga senam aerobik. Dengan melakukan olahraga ini, anda tidak butuh alat untuk senam aerobik sama sekali. Anda hanya butuh baju untuk senam yang nyaman dan musik pengiring.

Untuk gerakan yang lain dilakukan oleh tubuh anda sendiri. Manfaat dari senam ini tentunya banyak sekali. Bahkan lebih banyak membakar kalori dibandingkan jenis olahraga senam lainnya.

Definisi Senam Aerobik

Senam aerobik adalah senam yang dilakukan dengan gerakan yang rumit, sistematis dan membutuhkan asupan oksigen yang tinggi. Ketika melakukan latihan, anda harus menyiapkan energi yang besar.

Dari awal latihan sampai akhir, membutuhkan waktu yang lama. Biasanya sampai 30 menit. Nanti oksigen akan masuk ke jaringan otot dan memberikan manfaat yang banyak sekali untuk tubuh anda.

Hampir semua tubuh digerakan di senam aerobik. Dari kepala sampai kaki. Sehingga kalori yang terbakar sangatlah banyak sekali.

Manfaat Senam Aerobik

Dari penjelasan diatas, anda pasti paham bahwa manfaat senam aerobik sangatlah banyak sekali. Jika anda ingin membakar kalori didalam tubuh, senam aerobik menjadi pilihan yang tepat.

Semua gerakannya bisa membakar lemak yang ada di tangan, kaki, pinggul, perut dan masih banyak lainnya.

Jika anda ingin memiliki tubuh yang proposional, payudara lebih kencang, tubuh lebih tegap dan lainnya bisa melakukan senam aerobik. Semua hal tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah. Asalkan dilakukan secara rutin.

Penunjang Latihan Senam Aerobik

Dalam penunjang latihan senam aeribok, anda tidak butuh alat untuk senam aerobik yang sulit. Anda hanya butuh pakaian yang nyaman. Gunakan baju senam yang bisa menyerap keringat dengan baik.

Tidak panas digunakan dan tidak akan mengganggu gerakan latihan senam anda. Selain itu gunakan sepatu yang nyaman.

Karena ada banyak gerakan senam aerobik, yang memakai kaki anda. Kalau tidak memakai sepatu yang nyaman. Mungkin akan membuat kaki cidera.

Jadi gunakan pakaian senam aerobik yang paling nyaman buat anda. Apalagi saat ini banyak toko yang menjual baju senam berbagai merk.

Selain baju senam, anda juga butuh musik. Tanpa adanya musik, anda tidak bisa melakukan senam aerobik. Dari musik yang santai sampai musik yang up beat. Bisa digunakan untuk senam aerobik.

Senam aerobik dibagi menjadi tiga bagian. Ada pemanasan, gerakan inti dan pendinginan.

Untuk pemanasan memakai musik yang tidak terlalu up beat. Tapi juga tidak terlalu cepat. Untuk gerakan inti biasanya memakai musik yang up beat dengan tempo yang cepat. Supaya tubuh semakin bersemangat.

Sedangkan untuk pendinginan memakai musik yang lebih slow. Karena semua gerakannya tenang dan santai. Sehingga otot tubuh lebih santai.

Penunjang yang ketiga tentunya adalah koreografi atau gerakan. Setiap pelatih senam memiliki gerakan yang berbeda-beda. Mereka bisa berkreasi sendiri. Tergantung dengan musik yang dipakai.

Ada tiga teknik dasar yang sering digunakan dalam koreografi senam aerobik. Ada basic step. Seperti lunges, marching in place. For walk, knee up dan lainnya.

Lalu ada gerakan arm movement (gerak lengan). Gerakan ini dikombinasikan antara gerakan lengan dan kaki. Misalnya overhead, chest press, triceps dan lainnya.

Terakhir ada body aligment atau posisi tubuh. Untuk gerakan ini memakai semua bagian tubuh. Sering ada di bagian inti senam

Struktur Latihan Senam Aerobik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Struktur latihan senam aerobik yang pertama adalah pemanasan atau warming up. Disini dilakukan gerakan peregangan, supaya otot sudah siapa menerima gerakan yang lebih sulit.

Kemudian melakukan gerakan inti. Gerakan ini lebih rumit dan intens. Sehingga semua otot tubuh bergerak dan bisa membakar kalori lebih banyak. Terakhir barulah melakukan pendinginan atau colling down.

Di latihan ini memakai gerakan dengan intensitas gerakan yang lebih lambat, sehingga aliran darah bisa normal kembali. Jantung berdetak dengan baik dan tubuh lebih rileks.

Dalam melakukan latihan senam aerobik, ada dosis latihan yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Ada yang high impact aeribok, dengan gerakan yang lebih kuat dan keras.

Lalu ada low impact aerobik dengan gerakan yang lebih ringan. Biasanya jenis ini dilakukan pada orang yang sudah berumur.

Bahkan sekarang, banyak senam aerobik yang dikombinasikan dengan tarian modern. Sehingga tidak akan membuat anda bosan dan senam lebih menyenangkan.

Baca juga:

Alat Untuk Senam Aerobik – Kesimpulan

Jadi anda tidak butuh alat untuk senam aerobik. Cukup sediakan baju yang nyaman dan musik yang pas. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.


Bagikan Informasi Ini




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *