Perkembangan dan 10 Alat Musik Tradisional Jawa Gamelan

Posted on




Alat Musik Tradisional Jawa, JenisAlat.Com – Jawa Tengah merupakan provinsi yang terletak di antara Jawa Barat dan Jawa Timur.

Bisa dibilang bahwa kesenian di Jawa Tengah masih terus lestari hingga sekarang. Sebut saja wayang yang masih sering ditanggap untuk acara-acara publik.

Selain wayang, seni lain yang masih hidup adalah seni tari dan musik (karawitan dan gamelan).

Gamelan sendiri menjadi musik pengiring wayang dan tari.

Perkembangan Seni Alat Musik Tradisional Jawa Gamelan

Bisa dibilang instrumen gamelan meupakan seni tua yang mampu bertahan hingga sekarang.

Jika dulunya ia hanya menjadi seni pelengkap, maka kini ia mampu menjadi seni yang berdiri sendiri.

Berbicara mengenai seni musik tradisional jawa tidak lepas dari asal usulnya.

Konon, gamelan diciptakan oleh Sang Hyang Guru Era Saka yaitu Dewa yang menguasai seluruh bumi Jawa.

Alat pertama yang ia ciptakan ialah gong yang berfungsi untuk memanggil para dewa. Kemudian instrumen=instrumen lain mulai diciptakan.

Kita dapat melihat relief gamelan di dinding Candi Borobudur. Perkembangan gamelan Jawa begitu pesat bahkan disebut-sebut sebagai cikal gamelan Sunda dan Bali.

Hingga kini, kita masih sering bersinggungan dengan musik gamelan. Tentunya sudah tidak asing lagi jika di acara resepsi pernikahan adat jawa dimainkan kebo giro bukan?

Itulah tanda bahwa masyarakat Jawa tetap melestarikan gamelan sebagai warisan leluhur.Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa Gamelan

Alat Musik Pada Gamelan

Ada alat musik apa saja pada gamelan?

Kendang

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - KendangKendang bisa disebut alat musik pemantik dalam gamelan. Saat kendang dibunyikan, pemain musik lainnya harus menyesuaikan tempo.

Kendang dibuat dari batang pohon kelapa, nangka, atau lainnya yang dibuang bagian tengahnya kemudian pada kedua sisinya diberi kulit domba, kambing atau sapi.

Cara memainkannya cukup ditepuk dengan telapak tangan.

Bonang

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - BonangBonang merupakan alat musik yang terbuat dari perunggu atau logam lain. bentuknya bulat dan memiliki tonjolan di tengahnya.

Untuk memainkannya, kita butuh alat pukul khusus yang terbuat dari kayu yang dililiti kain atau karet pada salah satu ujungnya.

Ada dua jenis bonang yaitu bonang besar yang menjadi penuntun iringan musik gamelan dan bonang kecil yang hanya dimainkan pada saat-saat tertentu.

Saron

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - SaronSaron terdiri dari lembaran-lembaran logam yang berurutan ukurannya.

Alat ini harus dipukul menggunakan alat pemukul khusus untuk mengeluarkan bunyinya.

Agar menghasilkan suara yang harmonis, wilayan (lembaran logam) yang tadi sudah dipukul harus dipencet ujungnya sebelum memukul wilayan yang lain.

Demung¹

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - DemungAlat musik ini merupakan saron yang berukuran besar. cara memainkannya dengan cara dipukul dengan pemukul khusus.

Ada dua jenis demung yaitu demung slendro dan pelog. Keduanya memiliki ukuran dan bunyi yang berbeda.

Kenong

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - KenongBentuknya mirip seperti bonang. Fungsinya menjadi penegas dalam iring-iringan gamelan. Cara memainkannya ialah dengan cara dipukul dengan pemukul khusus.

Slenthem

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - SlenthemSlenthem yang dipukul akan menghasilkan dengungan atau gema yang setelahnya akan diikuti pemain saron dan balungan untuk memainkan bagian mereka.

Gong dan Kempul

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - Gong
Gong

Kedua alat ini ditempatkan menjadi satu perangkat. Bentuknya pun sama. Hanya ukurannya saja yang berbeda. gong lebih besar dibanding kempul.Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - Kempul

Gambang

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - GambangAda 20 bilah dalam satu perangkat gambang. Cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus.

Siter

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - SiterAlat ini harus dipetik untuk menghasilkan bunyi. Ada dua jenis siter yaitu siter kecil (Penerus) dan besar (Cemplung).

Suling

Gambar Foto Alat Musik Tradisional Jawa - SulingBahan seruling biasanya dari pring (bambu) wulung yang dilubangi. Nada hasil tiupannya akan menambah harmoni gamelan.

Baca juga untuk lebih tau Indonesia:

Alat Musik Tradisional Jawa – Kesimpulan

Nah itulah beberapa jenis Alat Musik Tradisional Jawa yang hingga kini masih ada dan masih sering digunakan dalam acara-acara tertentu.

Jika ingin melihatnya secara langsung, untuk saat ini, mungkin bisa disaksikan ketika ada pagelaran wayang, ledek atau upacara keagamaan tertentu.

Bagikan Informasi Ini




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *